MAKALAH KIMIA LINGKUNGAN : Pencemaran Udara Akibat Senyawa Anorganik

 
Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Rusaknya atau semakin sempitnya lahan hijau atau pepohonan di suatu daerah juga dapat memperburuk kualitas udara di tempat tersebut. Pencemar udara dibedakan menjadi pencemar primer dan pencemar sekunder. Sumber-sumber pencemaran udara dapat dibagi dalam dua kelompok besar, sumber alamiah dan akibat perbuatan manusia Jenis polutan dapat dibagi berdasarkan struktur kimia dan penampang partikelnya, seperti: struktur kimia(partikulat, gas anorganik, dan gas organik ) dan penampang partikel. Faktor-faktor yang memengaruhi pencemaran udara yang terjadi di permukaan bumi yaitu meteorologi dan iklim (temperatur,arah cepat angin, dan hujan) serta faktor topografi(dataran rendah, pegunungan, dan lembah).

Dampak-dampak pencemaran udara pada kehidupan manusia dapat di bagi menjadi dampak umum, dampak terhadap ekosistem, dampak terhadap kesehatan, dampak terhadap tumbuh-tumbuhan dan hewan, dampak terhadap cuaca dan iklim, dan dampak terhadap sosial-ekonomi. Pencegahan yang ditempuh terhadap pencemaran udara tergantung dari sifat dan sumber polutannya. Pencegahan yang paling sederhana dan mudah dilakukan yaitu menggunakan masker sebagai pelindung untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan. Tindakan yang dilakukan untuk mencegah pencemaran udara seperti mengurangi polutan, bahan yang mengakibatkan polusi dengan peralatan, mengubah polutan, melarutkan polutan, dan mendispersikan-menguraikan polutan. Upaya penanggulangan dilakukan dengan tindakan pencegahan (preventif) yang dilakukan sebelum terjadinya pencemaran seperti mengurangi atau menghentikan semua penggunaan CFC dan CCl4 dan tindakan kuratif yang dilakukan sesudah terjadinya pencemaran seperti: melokalisasi tempat pembuangan sampah akhir (TPA) sebagai tempat/pabrik daur ulang.

PEMBAHASAN 
1.1. Definisi Pencemaran Udara dan Senyawa Anorganik 
Polusi atau pencemaran udara adalah masuknya komponen lain ke dalam udara, baik oleh kegiatan manusia secara langsung atau tidak langsung maupun akibat proses alam sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkatan tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Setiap substansi yang bukan merupakan bagian dari komposisi udara normal disebut sebagai polutan. Senyawa anorganik adalah senyawa yang tidak mengandung karbon, misalnya air dan garam mineral. Satu pengecualian adalah karbon dioksida, karbon dioksida adalah gas yang merupakan bagian dari atmosfer dan dilepaskan selama respirasi seluler. Meskipun karbon dioksida mengandung karbon, tapi karbon dioksida diklasifikasikan sebagai senyawa anorganik

1.2.Klasifikasi Bahan Pencemar Udara Senyawa Anorganik 
Banyak faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara, diantaranya pencemaran yang ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia atau kombinasi keduanya. Pencemaran udara dapat mengakibatkan dampak pencemaran udara bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global atau tidak langsung dalam kurun waktu lama.

Download makalah pencemaran udara akibat senyawa anorganik selengkapnya dari link berikut :
http://corneey.com/wwSWsy

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Biologi Perikanan : Seksualitas Ikan

Makalah Teknik Pengemasan Dengan Kemasan Kertas

Laporan Mikrobiologi Dasar : Identifikasi Jamur