MAKALAH DASAR AKUAKULTUR : VITAMIN YANG DIPERLUKAN OLEH IKAN



VITAMIN YANG DIPERLUKAN OLEH IKAN

A. PENDAHULUAN
Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi atau gizi untuk keberlangsungan hidupnya. Karena nutrisi merupakan substansi organik yang berperan dalam semua sistem kerja pada tubuh agar prosesnya berlangsung secara normal. Nutrisi juga memiliki andil dalam pertumbuhan dan dalam menjaga kesehatan tubuh. Subtansi atau zat yang diambil oleh sel dari lingkungannya kemudian digunakan dalam reaksi katabolik atau anabolik untuk kehidupan.
Menurut para ahli, nutrisi adalah sebuah ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh supaya fungsi organ atau sistem dalam tubuh dapat berjalan secara normal. Nutrisi juga digunakan sebagai bahan pembentuk energi dimana setiap jaringan yang terdapat didalam tubuh membutuhkan energi agar dapat berkeja secara maksimal dan optimal. Nutrisi juga dapat dikatakan sebagai suatu proses organisme yang menggunakan objek utamanya yaitu makanan yang sering dikonsumsi.
Sekarang ini tak sedikit orang yang tertarik dalam dunia budidaya dimana ikan dapat dikembangbiakan dalam waktu yang diinginkan Dalam pertumbuhan ikan sehingga baik untuk dikonsumsi pasti tak lepas dari pakan yang diberikan, karena pakan tersebutlah yang menunjang perkembangannya hingga dewasa. Pakan dapat dikatakan bagus jika didalamnya terdapat semua nutrisi yang dibutuhkan ikan dari mulai makronutrien hingga mikronutrien.
Nutrisi yang dibutuhkan ikan tidak jauh beda dengan manusia yaitu seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lain-lain. Dalam makalah kali ini akan membahas nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan, khususnya vitamin.
B. DEFINISI DAN FUNGSI VITAMIN
Kata vitamin berasal dari kata vital yang artinya hidup, dan amin yang artinya senyawa yang mengandung gugus N. Dari berbagai hasil penelitian, tidak semua vitamin mengandung gugus N. Jadi, kata vitamin sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi yang sebenarnya, tetapi sampai saat ini masih tetap saja dipakai. Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial untuk pertumbuhan dan fungsi biologis yang lain bagi makhluk hidup. Vitamin tidak disintesis dalam tubuh,kecuali Vitamin K. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi harus ada yang mengandung vitamin. jika tubuh kekurangan vitamin akan mengakibatkan penyakit defiensi atau avitamiosis. (Abdul Hadi, 2013).
Vitamin merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit namun sangat penting keberadaannya. Vitamin yang dibutuhkan mahluk hidup mempunyai takarannya sendiri. Tak hanya kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan penyakit, kelebihan penyakit juga tidak baik untuk tubuh, maka dari itu takaran yang pas sangatlah diperhatikan bagi kesehatan mahluk hidup.
C. VITAMIN YANG DIPERLUKAN OLEH IKAN
Untuk pertumbuhan dan perkembangannya, ikan membutuhkan beberapa vitamin diantaranya vitamin A, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan intisol.
1. Vitamin A
Vitamin A berperan penting dalam regulasi genetik, pemeliharaan sel pada mata, pertumbuhan serta perkembangan normal, dan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin A juga penting dalam reproduksi, kesehatan kulit, kekebalan tubuh, dan pembuatan sel darah merah. Beta karoten selain sebagai sumber vitamin A juga beraksi sebagai anti oksidan yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memperbaiki kondisi hewan percobaan yang terkena kanker, dan melindungi dari radikal bebas dalam LDL (low density lipoprotein), HLD (high density lipoprotein), dan membran sel.

Isi makalah selengkapnya bisa anda dapatkan dengan mendownload file dalam bentuk  file .DOCX dari link berikut (Google Drive).

http://gestyy.com/wwtbfM



Comments

Popular posts from this blog

Laporan Praktikum Biologi Perikanan : Seksualitas Ikan

Makalah Teknik Pengemasan Dengan Kemasan Kertas

Laporan Mikrobiologi Dasar : Identifikasi Jamur